Kamis, 13 Desember 2012

meniup


Makanan dan minuman yang panas, Mengapa tidak boleh ditiup??
Biasanya ketika kita makan makanan atau minuman yang panas kita sering meniupnya agar makanan atau minuman tersebut menjadi dingin. Ternyata, hal ini dapat beresiko terhadap kesehatan kita.

           Tahukan sobat sekalian bahwa Meniup makanan atau minuman yang masih panas ternyata dapat beresiko terhadap kesehatan kita, karena makanan dan minuman yang panas akan mengeluarkan uap air (H2O). Jika kita meniupnya, maka kita akan mengeluarkan gas CO2 dari dalam mulut kita. Jika uap air dan karbondioksida bertemu, maka akan membentuk senyawa asam karbonat (carbonic acid). 

           Perlu kalian tahu asam karbonat tersebut dapat mempengaruhi tingkat keasaman dalam darah kita sehingga akan menyebabkan darah kita akan menjadi lebih asam dari seharusnya sehingga pH dalam darah menurun.
Akibatnya pernafasan menjadi lebih dalam dan lebih cepat sebagai usaha tubuh untuk menurunkan kelebihan asam dalam darah. Sehingga pada akhirnya, ginjal juga berusaha mengatasi keadaan tersebut dengan cara mengeluarkan lebih banyak asam dalam air kemih. Tetapi kedua hal yang dilakukan oleh paru – paru dan ginjal kita tersebut tidak akan berguna jika tubuh terus menerus menghasilkan terlalu banyak asam.
Sehingga pada akhirnya kita akan mulai merasakan kelelahan yang luar biasa, rasa mengantuk, semakin mual dan mengalami kebingungan. Bahkan lebih buruk lagi, tekanan darah dapat turun, menyebabkan syok, koma dan bahkan kematian. 
 Subhanallah di balik semua yang di larang oleh Rasulullah itu terdapat manfaat yang luar biasa....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar